Tokoh Banten Yang akrab Disapa Aka H. Buya Sujana Karis, Tampung Aspirasi Tokoh Adat Kasepuhan Suku Baduy Dalam

BANTEN – KABARDAERAH.COM

Lebak – Tokoh Banten H. Buya Sujana Karis tampung aspirasi tokoh kasepuhan suku Baduy dalam, beliau yang akrab disapa ayah Mursid di Baduy dalam.

Dalam silaturahmi ini, kasepuhan suku Baduy ayah Mursid menyampaikan keluh kesah soal rusaknya jalan poros Desa Kebon Cau, yang saat ini mengalami kerusakan yang sangat parah. Jalan tersebut merupakan jalan pintu ke kelima menuju suku Baduy dalam, yakni  kampung Cikesik, Cibeo, Cikartawana, dimana lokasi jalan tersebut menuju wisawata Binong Raya Mandiri dan kepada tokoh Banten H. Buya Sujana Karis menyampaikan, bahwa ingin jalan tersebut secepatnya dibangun oleh pemerintah daerah maupun pusat, ujar kasepuhan suku Baduy dalam ayah Mursid.

Acara silaturahmi dihadiri oleh seluruh kalangan aktivis Banten dan tokoh kasepuhan suku Baduy dalam, ayah Mursid dan pamong desa ayah arji mengungkapkan kepada wartawan,” kami dari kasepuhan suku Baduy dalam sangat memohon kepada pemerintah terkait keluh kesah kami ini, agar segera dilakukan upaya pengecekan untuk jalan poros desa Kebon Cau yang saat ini jadi perbincangan seluruh masyarakat
Suku Baduy dan warga kampung Binong Raya Koranji dan sekitarnya, jalan tersebut merupakan akses menuju wisatawan Binong raya pintu ke lima menuju kasepuhan suku Baduy dalam.

Aka Buya Sujana Karis langsung
Menanggapi keluh kesah Warga masyarakat kasepuhan suku Baduy dan akan segera menyapaikan kepada pihak pemerintah pusat maupun,” Saya akan upayakan jalan poros desa Kebon Cau kecamtan Bojong Manik agar segera dibangun oleh dinas terkait,” Katanya.

” Kalau memang kasepuhan suku Baduy dalam mengharapkan jalan alternatif menuju wisawata Binong Raya Mandiri ini ingin cepat dibangun pemerintah daerah, saya akan sampaikan ke Pemerintah Pusat dan akan ditembuskan ke RI satu,” kata tokoh Banten Aka H. Buya Sujana Karis pada hari Sabtu (8/7/2023)

Sementara ketua ormas badak banten perjuangan DPAC kecamatan Cirinten Puad Miftahusalam mengucapkan terima kasih atas kunjungan tokoh Banten Aka H. Buya Sujana Karis yang sudah mengunjungi tempat wisata Binong Raya dalam rangka silaturahmi kepada tokoh Suku Adat Baduy dalam.

Kasepuhan suku Baduy yaitu ayah Mursid mengatakan,” beliau adalah sosok yang sangat peduli terhadap masyarakat baik di Baduy atau pun luar daripada Baduy tidak pilih kasih, karena sejatinya kita adalah keluarga (Baraya), kata ketua ormas Badak Banten Perjuangan DPAC kecamatan Cirinten,” semoga saja aka H. Buya Sujana Karis sehat selalu dan senantiasa membatu kami mengupayakan meningkatkan infrastruktur pembangunan jalan poros Desa Kebon Cau kecamtan Bojong Manik, itu saja yang kami harapkan dengan masyarakat Baduy maupun luar Baduy,” pungkas Puad Miftahusalam. (Red)