Apakah Harus Ada Korban Jiwa??  Aktivitas Galian Tanah Akibatnya Jalan berlumpur Serta Licin Kendaraan Bergelinciran dan Jatuh

BANTEN – KABARDAERAH.COM

LEBAK -Licinnya ceceran tanah merah sebagai dampak adanya usaha galian tanah di Kp Cilayang Blok cibunut Kecamatan Curug Bitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Minggu (10/03) sekitar pukul 12.00 Wib, kembali mengakibatkan sejumlah pengendara roda dua terjungkal. Selain itu, tebalnya ceceran tanah yang licin, Sangat menyulitkan para pengguna roda Dua dan Roda empat yang saat itu melintasi jalan raya Maja-Koleang Curug bitung.

Dituturkan Mustofa, warga Cilangkap yang mengaku melihat sejumlah pengendara roda dua terjatuh di jalan Maja -Koleang,mengaku sangat risih, sebab kejadian seperti ini seperti nya sudah di legalkan oleh para aparatur terkait di pemerintahan Dimungkinkan, lanjut Mustofa lagi, hal itu karena tebalnya ceceran tanah merah yang terbawa armada truk toronton, yang kemudian diperparah dengan turunnya hujan di Kp Cilayang Blok cibunut Curug Bitung terbilang cukup lebat.

 

” Ya karena marak ceceran tanah dari ban toronton dan ceceran dari bak truk tersebut. Berujung jalan licin usai hujan lebat pak. Jadi tidak aneh kalau banyak pengendara roda dua terjatuh, bukan hanya motor pak, mobil saja zig-zag jalannya. Jujur pak, gegara galian yang ada di Kp Cilayang Blok cibunut desa cilayang kecamatan Curug bitung, jalan Maja-Koleang curug Bitung saat ini benar-benar sangat mengkhawatirkan, jadi risih saya meliihatnya. Tapi anehnya meski peristiwa sejenis ini marak terjadi, justeru tak ada tindakan apapun terhadap usaha galian di sepanjang jalan Maja-Koleang curug Bitung ini,” katanya, pada Media ini, Minggu kemarin, di jalur jalan Maja-Koleang Curug butung.

 

Terpisah,Endang Camat Curug Bitung,yang coba dikonfirmasi terkait dampak adanya Penambangan Tanpa Ijin (PETI) di Wilayah Kecamatan Curug Bitung, justeru tidak memberikan resfon. Meski berulang kali Celularnya berdering saat dihubungi awak media ini.

 

Dari penelusuran awak media ini, di peroleh keterangan dari sejumlah sumber warga sekitar jalan Maja-Koleang dan curug bitung, bahwa satu lokasi usaha galian yang dikelola oleh hamdan di Kecamatan Curug Bitung, yang paling intens dalam melakukan aktifitas usaha galian tanah di wilayah tersebut.

” Bisa bapak.lihat nanti, jika cuaca sudah mulai panas. Puluhan truk toronton dari satu titik galian tersebut keluar dari lokasi galian tanah itu dan pasti parkir berjejer di sepanjang bahu jalan Maja-Koleang ini,” terang sumber, yang enggan namanya dirilis. (Red).