Beranda HEADLINE Gempa 6,4 SR di Lebak, Merusak Satu Masjid dan Puluhan Bangunan

Gempa 6,4 SR di Lebak, Merusak Satu Masjid dan Puluhan Bangunan

178
BERBAGI

Banten.Kabardaerah.com – Gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) terjadi di sebelah barat Kabupaten Lebak, Selasa (23/1/2018), sekitar pukul 13.44 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 Km dari permukaan laut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam twitter @infoBMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Dan kemungkinan besar tidak ada gempa susulan.

Akibat gempa ini banyak bangunan yang rusak parah seperti aula di SMA CMBBS di Pandeglang mengalami kerusakan berupa runtuh plafondnya.

Sebuah masjid di Bojongmanik, Lebak ambruk. Hampir seluruh dinding runtuh mengakibatkan atap masjid bersatu dengan tanah. Pagar tembok pun berantakan.

Di Jawikan, Kabupaten Serang, sebuah rumah warga ambruk. Namun tidak tidak ada korban jiwa. Sedangkan rak pajangan di Alfamart Caringin berantakan setelag guncangan gempa terjadi.

Sementara di daerah pusat Gempa yaitu di Kabupaten Lebak ada 46 rumah mengalami kerusakan. Jumlah tersebut tersebar di enam kecamatam yang terdampak gempa paling parah seperti Bayah, Wanasalam, Panggarangan, Cilograng,
Lebak Gedong, dan Sobang.

“Betul, memang enam kecamatan itu yang terdampak paling parah. Sampai saat ini tim kita (BPBD Lebak) masih menyisir lokasi yang terdampak gempa,” kata Kaprawi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak Kaprawi melalui ponselnya.

Ia mengaku masih menunggu informasi terkait kerusakan yang terjadi. “Kita masih mencari informasi mengenai itu. Belum masuk semua datanya,” kata Kaprawi.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum ada informasi mengenai korban jiwa akibat guncangan gempa.
(Risqi)